Belajar Goblok agar Menjadi Sukses seperti Bob Sadino

Selamat datang, kali ini kita akan membahas kisah sukses dari seorang Bob Sadino.

Almarhum Bob Sadino adalah salah satu dari banyak pengusaha sukses di Indonesia. Dengan gaya yang sangat sederhana, yaitu berkemeja lengan pendek dengan celana jeans pendek adalah karakteristik beliau. Bahkan ada seseorang yang berkata “Bagaimana bisa Bob Sadino disebut sukses jika beli celana saja tidak mampu?”. Namun jangan salah, beliau memang benar – benar sukses sebagai pengusaha yang bergerak dibidang toko swalayan, pertanian, peternakan, travel, dan apartemen. Berikut ini adalah bisnis milik Bob Sadino :

  1. Kemang Food Industries (KemFood)
  2. Boga Catur Rata (KemChicks)
  3. Kem Farm Indonesia (KemFarm)
  4. Kemang Nusantara Travel (KemTravel)
  5. The Mansion Kemang (kerjasama dengan Grup Agung Sedayu)

 

Keberhasilan bisnis milik Bob Sadino adalah hasil dari kerja keras beliau selama ini. Beliau telah mebngalami berbagai halangan dan rintangan untuk mencapai sebuah kesuksesan sebagai seorang pengusaha. Sesorang yang lahir di Lampung pada 9 Maret 1933 ini, pernah bekerja di Belanda dan Jerman sebelum akhirnya kembali pulang ke Indonesia. Beliau juga sempat menjadi kuli batu dengan gaji yang sangat rendah. Berjualan telor ayam pun pernah beliau jalankan.

Namun, dari semua perjalanan yang telah dilalui, beliau berhasil menjadi orang yang sukses. Adapun beberapa hal yang beliau lakukan sehingga menjadi seorang pengusaha yang sukses adalah :

  1. Belajar menjadi GOBLOK

Yang pertama adalah belajar menjadi goblok. Pengertian goblok yang dimaksud oleh Bob Sadino adalah sebuah perumpamaan. Yaitu orang goblok adalah orang yang berpendidikan rendah. Bob Sadino sendiri adalah lulusan SMA, saat masuk kuliah 3 bulan langsung Drop Out. Yang dimaksud beliau adalah, ilmu berbisnis itu lebih nyata saat di lapangan daripada hanya sekedar teori di pendidikan formal.

 

  1. Jangan terlalu banyak rencana

Dalam berbisnis, jangan terlalu banyak rencana. Lakukan dan biarkan mengalir saat berbisnis. Karena datangnya rencana biasanya saat kita menjalankan. Orang pintar selalu memikirkan teori dan rencana, tapi tidak pernah terlaksana dan terwujud. Sedangkan orang goblok hanya lakukan dan belajar dari pengalaman sambil melangkah lagi.

 

  1. Berwirausaha untuk mencari rugi dan resiko

Berwirausaha itu harus mencari rugi dan resiko. Karena dibalik rugi dan resiko itu ada peluang. Bob sendiri adalah pemburu resiko, karena dibalik resiko kita akan belajar, dan belajar lagi.

 

  1. Jangan berharap

Jangan berharap. Kalau kita banyak berharap, maka kita akan kecewa besar. Kalau kita berharap setengah – setengah, maka kita akan setengah kecewa. Kalau tidak mau kecewa maka jangan berharap. Lakukan yang terbaik.

 

  1. Jatuh lagi bangun lagi, tidak boleh cengeng

Dalam berwirausaha, kita pasti mendapat rugi dan untung. Jika mengalami kerugian, kegagalan maka jangan langsung putus asa dan menyerah. Untuk menjadi wirausahawan maka kita harus punya tekad yang kuat, jangan menyerah, dan tidak boleh cengeng. Jika gagal maka coba lagi, dan belajar dari pengalaman.

 

  1. Bersyukur kepada Sang Pencipta

Yang terakhir adalah beryukur kepada Sang Pencipta. Karena dengan ridho dari Sang Pencipta, maka kita akan bisa berubah menjadi pengusaha sukses. Bersyukur selalu kepada Sang Pencipta atas segala rezeki kita, agar semakin bertambah.

 

Dengan berbekal 6 prinsip diatas yang selalu diingat dan dilakukan oleh beliau, menjadikan beliau wirausahawan sukses seperti saat ini. Dan 6 prinsip diatas itu pula yang selalu beliau sampaikan saat presentasi, menasehati para kaum muda dan masyarakat. Sangat menarik untuk dilakukan bagi kita yang ingin berwirausaha. Dengan mendapat ilmu baru dari seorang Bob Sadino, semoga kita semua bias menjadi pengusaha sukses seperti beliau. Aaamiin.

Sekian artikel saya, terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

 

Sanfiden Author